Beranda DAERAH KPU, Rapat Pleno Terbuka

KPU, Rapat Pleno Terbuka

33

Malaka, Kabardaerah.com – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran, sekalian penetapan menjadi daftar pemilih sementara dalam pemilihan Gubernur 2018 jumat 16/3.

Kegiatan ini kita laksanakan sesuai jadwal di dalam PKPU tentang tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Jadi tahapan Pilkada serentak ini kita laksanakan sesuai dengan PKPU nya, kemudian pelaksanaan kegiatan ini mekanismenya yaitu, daftar pemilih hasil pemutakhiran yang sudah di renov tingkat kecamatan.

Hari ini akan di pleno di tingkat kabupaten dengan melibatkan 12 Kecamatan masing-masing satu orang maju dan menyampaikan hasil pleno di tingkat kecamatan yang sudah dilaksanakan untuk kemudian disampaikan dalam rapat pleno hari ini ungkap Yosep Nahak.

Kegiatan ini untuk mendapat tanggapan dari semua baik Panwas Kabupaten, Tim pemenangan dari 4 Pasangan calon pilgub NTT maupun undangan lainnya dan setelah penyampaian hasil rekap tingkat kecamatan itu kemudian akan ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara.

Jadi rekapitulasi tingkat kabupaten ini dilakukan untuk rekap daftar pemilihan.

Sebelum melahirkan kemudian setelah kita rekap daftar pemilih hasil pemutakhiran untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara untuk pemilihan Gubernur, jadi ada 12 Kecamatan yg berada di Kabupaten Malaka akan menyampaikan hasil pleno di tingkat kecamatan masing-masing kemudian rekap dari 12 Kecamatan itu ditetapkan menjadi DPS.

Mekanisme kegiatan hari ini akan kita diskusikan setelah kegiatan ini selesai, jadi kalau sudah ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara nanti kita umumkan Sesuai dengan jadwal di dalam peraturan KPU tentang tahapan Pilkada.

Untuk mendapat tanggapan dari masyarakat, seperti ada pemilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih sementara perlu didaftarkan, kemudian jika ada pemilih yang ternyata terdapat di dalam daftar pemilih sementara tetapi setelah di cek ternyata tidak memenuhi syarat mungkin bisa dikeluarkan kembali, kata Yosep Nahak di Aula Dekenat Malaka.(*JOY)