Beranda DAERAH Penyelundupan Beras Dari Timor Leste Di Gagalkan Warga Builalu

Penyelundupan Beras Dari Timor Leste Di Gagalkan Warga Builalu

46

ATAMBUA, Kabardaerah.com – Sejumlah warga Builalu, Kecamatan Lamaknen, Belu, yang gerah dengan aksi penyelundupan di daerah perbatasan RI-RDTL berhasil menggagalkan penyelundupan dari Timor Leste menuju ke Atambua, Jumat (16/3/2018) sekira pukul 05.00 pagi.

Kepada media ini sejumlah warga yang melakukan aksi penggagalan penyelundupan tersebut mengaku gerah dengan tidakan oknum yang akrab disapa Ose tersebut.

“Dia hampir setiap hari menyelundupkan BBM ke Timor Leste dan pulang selalu membawa beras dari sana untuk dijual ke Kota Atambua,” tutur seorang warga yang tak ingin disebutkan namanya.

Sebelumnya, warga telah membuntuti Ose dari Atambua, Kamis (15/3/2018) saat pelaku membawa BBM menuju ke Timor Leste. Hanya saja, pelaku berhasil menghilang di daerah seputaran Kelurahan Fatubanao, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Warga yang menunggu lama akhirnya memutuskan untuk menunggu pelaku di daerah perbatasan. Mereka berjaga-jaga hingga pukul 02.00 dini hari. Karena kecapaian, warga pun kembali ke rumah masing-masing.

Sekitar pukul 05.00 Wita, warga yang masih berjaga-jaga di Desa Builalu dibuat kaget dengan kedatangan truk bernomor polisi DH 8414 EA dari arah perbatasan hendak menuju ke Atambua. Warga pun langsung menyergap truk tersebut dan meminta Ose untuk turun dari truknya.

Warga yang tidak ingin main hakim sendiri segera melaporkan hal tersebut kepada Polsek Lamaknen.

Mendengar laporan warga tersebut, Kapolsek bersama anggota langsung turun ke lokasi dan mengamankan pelaku serta barang bukti.

Dalam bak truk tersebut terdapat puluhan karung beras beserta puluhan jerigen kosong. Jerigen kosong yang berbau BBM tersebut kemungkinan telah diselundupkan ke Timor Leste. Sedangkan puluhan karung beras bermerek “Nasi Enak” tersebut dibawa dari Timor Leste hendak dijual ke Atambua.

Pelaku hingga saat ini masih dalam penanganan Polsek Lamaknen untuk dimintai keterangan. (*Oman)