Beranda HEADLINE Sosialisasi Strategi Nasional Penanggulangan Tuberkulosis Paru Di Wilayah PLBN Motamasin

Sosialisasi Strategi Nasional Penanggulangan Tuberkulosis Paru Di Wilayah PLBN Motamasin

26

Malaka, Kabardaerah.com – Senin tanggal 16/4/2018 di PLBN Motamasin, Desa Alas, Kec. Kobalima, Kab. Malaka, Prov. NTT.

Dalam rangka memperingati hari Tuberkolosis tanggal 24 Maret, telah di laksanakan Sosialisasi Strategi Nasional Penanggulangan Tuberkulosis Paru, pada kelompok resiko tinggi di wilayah PLBN oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kupang, bekerjasama dengan Kesehatan PLBN Motamasin.

Kegiatan berlangsung di daerah motamasin yaitu perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste yang di hadiri oleh Mayor Inf.Engar Armyasto selaku Wadan Satgas Pamtas Yonif 715/Motuliato, Kepala BNPP PLBN Motamasin Andreas Nahak, Kepala Bea Cukai PLBN Tri Panji, Kepala Imigrasi PLBN Motamasin yang di wakili Goris, Perwakilan Kantor Kesehatan Kelas I Kupang Dokter Herni, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kupang Dokter Fani Djubaida dan masyarakat Desa Alas Selatan yang hadir sebanyak 50 orang.

Kegiatan Sosialisasi di buka oleh dr. Fani Djubida dengan menjelaskan pengenalan penyakit tuberkulosis dan bagaimana cara “penyebaran, pencegahan dan pengobatan penyakit tuberkulosis”.

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular langsung yang di sebarkan melalui udara, tingginya mobilitas masyarakat di jaman globalisasi dan lingkungan serta perilaku yang kurang sehat, juga memudahkan perkembangan dan penyebaran penyakit TB sehingga penularannya semakin cepat, ungkap Fani.

Mengingat bahwa tingginya mobilisasi masyarakat di jaman globalisasi ini dokter Fani mengharapkan agar masyarakat lebih berhati – hati dalam pergaulan.(*JOY)