Beranda HEADLINE Tanggapan Anggota DPRD Propinsi Anselmus Talok, SE Terhadap RPM

Tanggapan Anggota DPRD Propinsi Anselmus Talok, SE Terhadap RPM

12

Malaka Kabardaerah.com Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Nusa Tenggara Timur Anselmus Talok, SE mengatakan bahwa RPM itu adalah salah satu gebrakan di Kabupaten Malaka yang menjadi contoh baik untuk Daerah – daerah yang lain.

“Jadi untuk melakukan evaluasi hasil menurutnya belum boleh kecuali melakukan evaluasi proses”. Karena menurut Ansel ini Roda Pemerintahan baru berjalan 2 tahun, jadi kalau melakukan “evaluasi hasil” itu terlalu naif.

Evaluasi hasil itu belum bisa, karena program-program besar yang lain baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional itu untuk melakukan evaluasi hasil sangat membutuhkan waktu selama 2 atau 3 tahun bahkan bisa sampai dengan belasan atau puluhan tahun baru bisa proses hasilnya. Jelas Ansel

Terkait dengan banyak kepentingan dan pemangku kebijakan, baik itu pemerintah maupun masyarakat juga, dengan budaya yang ada, menurut saya (Ansel) itu adalah kemajuan.

Kemajuan di Kabupaten Malaka yang sangat bagus adalah kemajuan” RPM”. Hasil bawang saja sudah luar biasa.

Kabupaten Malaka ini memiliki terobosan yang luar biasa, memang daerah ini secara potensi Sumber Daya Alamnya (SDA) ini sangat cocok. Bahkan itu diakui juga oleh mantan Gubernur Benboy pada tahun 1981.

Mantan Gubernur BenBoy pernah mengatakan hal tersebut di Wemasa pada tanggal 7 Mei bahwa di Malaka ini “tanam kayu kering bisa berbuah ubi”

Kabupaten Malaka mempunyai Program Pelayanan Kesehatan.

Dengan menggunakan e-KTP masyrakat Kabupaten Malaka dapat berobat gratis di Puskesmas maupun di Rumah Sakit, ini sesuatu yang sangat luar biasa. Selain menggunakan BPJS masyarakat juga dilayani dengan hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Terobosan-terobosan yang dilaksanakan Pemerinta Daerah di Kabupaten Malaka ini sudah sangat bagus. Ungkap Ansel kepada media ini Jumat,13/4/2018.

Menurut Ansel kedepannya perlu penataan tata rencana kota dan wilayah misalnya antara lain daerah industrian dimana pemukimannya dimana perkantorannya dimana jadi kedepannya harus ditata dengan baik sehingga tidak boleh terjadi over leting.

RPM ini adalah salah satu terobosan yang sangat konkrit, ini menjadi salah satu lumbung pangan di NTT khususnya di Pulau Timor, karena ditunjang oleh infrastruktur yang bagus misalnya mempunyai Bendungan Benenai dengan saluran-saluran baik primer, sekunder dan tersier hanya mungkin manajemen pengelolaan air itu perlu ditata dengan baik.(*JOY)